Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad - Tulisan Arab, Lafadz dan Artinya

Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad - Tulisan Arab, Lafadz, Arti dan Gambarnya - Halo Santripedia, pada postingan kali ini kami akan membahas tentang shalawat nabi, yaitu shalawat allahumma sholli ala sayyidina muhammadin disertai dengan arti, tulisan arab, lirik dan gambarnya.

Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad

Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad - Tulisan Arab Artinya

Sholawat Nabi merupakan salah satu amalan yang sering kita lakukan dan bernilai ibadah. Sholawat dari Allah SWT artinya adalah rahmat dan keridhoan. Adapaun makna Allah bersholawat kepada Nabi artinya adalah Allah merahmati dan meridhoi baginda Nabi. Sedangkan untuk sholawat dari malaikat artinya adalah doa dan permohonan ampunan. Dan sholawat dari umat Nabi Muhammad yaitu doa dan pengagungan.

Oleh karena itu, dalam hal ini kita dianjurkan untuk melakukan shalawat dalam kehidupan keseharian kita. Dengan membaca kalimat-kalimat sholawat dengan hati ikhlas dan tulus berarti kita telah berdoa dan mengagungkan baginda Nabi Muhammad SAW. Dan hal ini akan menjadi amal kebaikan dan bernilai ibadah bagi kita semua.

Tulisan Arab Sholawat Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad merupakan salah satu dari bacaan sholawat yang cukup pendek dan ringkas. Bahkan sholawat ini menjadi sholawat yang paling banyak diamalkan dan dibaca oleh umat islam di seluruh dunia. Adapun untuk lafadz dan kalimatnya adalah sebagai berikut ini:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Tulisan latin:

Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah rahmat kepada baginda kami Muhammad."

Pengertian Shalawat & Anjuran Bersholawat

Sebenarnya kata shalawat ini diambil dari kata dasar dan kata bentuk jamak yaitu dari kata shalat. Menurut bahasa, arti kata shalawat adalah doa, berkah, rahmat dan ibadah. Adapun untuk secara terminologis, shalawat yaitu bermakna "menyampaikan permohonan doa keselamatan dan keberkahan kepada Allah untuk Nabi Muhammad saw. Dan yang membacanya itu akan mendapat pahala." - (KH. Habib Syarief Muhammad)

Mengapa Rasulullah SAW itu didoakan atau dibacakan shalawat, pedahal beliau sendiri telah dijamin masuk kedalam surga? Jawaban selengkapnya bisa kalian simak sebagai berikut:

Bahwa sesungguhnya Rasulullah saw sendiri sudah penuh dengan rahmat, berkah, dan keselamatan dari Allah SWT. Bisa di ibaratkan sebuah gelas, bahwa beliau sudah terisi penuh dengan air. Air yang ketika dituangkan ke dalam gelas yang tadinya sudah penuh tentu akan melimpah ke luar. Sama halnya dengan keberkahan, rahmat dan keselamatan, Allah akan melimpah ruahkan kepada orang-orang yang rajin bershalawat kepada Rasulullah;

Karena bershalawat adalah salah satu perintah Allah SWT, jadi membacanya merupakan ibadah dan akan mendapatkan pahala;

Bershalawat adalah salah satu bentuk dzikir dan doa, sehingga hal ini termasuk kategori ibadah. Dalam hal ini Allah berfirman,

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا وَّ سَبِّحُوۡهُ بُكۡرَةً وَّاَصِيۡلًا هُوَ الَّذِىۡ يُصَلِّىۡ عَلَيۡكُمۡ وَمَلٰٓٮِٕكَتُهٗ لِيُخۡرِجَكُمۡ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوۡرِ ؕ وَكَانَ بِالۡمُؤۡمِنِيۡنَ رَحِيۡمًا

Artinya,

"Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. Al-Ahzab: 41-43)

Lafadz Sholawat Dengan Redaksi Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad

Lafadz sholawat 'allahumma sholli ala sayyidina Muhammad' merupakan lafadz sholawat yang paling ringkas. Sehingga lafadz sholawat ini mudah sekali untuk dibacakan dan dihafal, termasukhalnya oleh kalangan anak-anak yang sedang belajar sholawat.

Seiring berkembangnya jaman, ada banyak pengembangan lafadz dari sholawat allahumma sholli ala sayyidina muhammad ini, dan cukup populer di kalangan umat islam. Seperti halnya sholawat ibrohimiyyah, sholawat fatih, sholawat munjiyat, sholawat syifa, dan lain sebagainya.

Berikut dibawah ini redaksi-redaksi Lafadz sholawat allahumma sholli ala sayyidina muhammad:

Sholawat Ibrohimiyah

Berikut lafadz sholawat Ibrahimiyah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ سَيِّدِنَا إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama shallaita 'ala ibrahim wa 'ala ali ibrahim wa baarik 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama baarakta 'ala ibrahim wa 'ala ali ibrahim fil 'alamiina innaka hamiidun majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Sholawat Munjiyat

Berikut lafadz sholawat Munjiyat:

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ 

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât 

Artinya, "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati."

Sholawat Tibbil Qulub /Syifa

Berikut lafadz shalawat Tibbil Qulub/ Shalawat Syifa:

 أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Sholawat Fatih

Berikut ini adalah lafadz sholawat Fatih:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْ رِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada pula yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi , wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘adzhim

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah limpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Sholawat Sa'adah

Berikut ini adalah lafadz sholawat Saadah:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ اللّٰهِ صَلاَةً دَائمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللّٰهِ

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin ‘adada ma fi ‘ilmillahi sholatan da-imatan bidawami mulkillahi.

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad sebanyak bilangan yang ada dalam pengetahuan Allah, dengan rahmat yang abadi seabadi kerajaan Allah.”

Demikianlah ulasan tentang sholawat 'Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad' dilengkapi dengan arti, lafadz, dan tulisan arab serta gambarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memudahkan kita semua dalam beribadah dan mengamalkan shalawat dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Santripedia.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel