Alhamdulillah Ala Kulli Hal - Lengkap dengan Tulisan Arab dan Artinya

Alhamdulillah Ala Kulli Hal Lengkap dengan Tulisan Arab dan Artinya - Assalamualaikum wr wb ikhwan wa akhwat, dalam postingan kali ini, kami akan mengulas perihal kalimat yang biasa diucapkan oleh kita selaku umat muslim, yaitu kalimat "alhamdulillah 'ala kulli hal". Dimana kalian juga sering mengucapkan kalima ersebu juga kan ya? Nah bagi ikhwan yang belum tahu bagaimana lafadz tulisan arab dan artinya yuk mari simak ulasannya berikut ini. Sehingga bagi ikhwan yang saat ini sedang mencari pengetahuan tentang ucapan alhamdulillah ala kulli hal, maka ikhwan sudah tepat mengunjungi postingan ini.

Jadi, pada dasarnya kalimat, 'alhamdulillah ala kulli hal' merupakan sebuah bentuk ucapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, dimana dalam setiap kondisi dan keadaan didalam hidup ini. Yang mana di dalam kalimat tersebut mengandung pujian kepada Allah SWT atas berbagai hal yang telah Allah berikan kepada diri kita.

Alhamdulillah Ala Kulli Hal Tulisan Arab dan Artinya

Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Lafadz kalimat 'Alhamdulillah ala kulli hal' seringkali diucapkan sebagai unkapan rasa syukur kepada Allah SWT dalam segala hal dan keadaan. Baik ketika kita ini sedang mendapat kenikmatan maupun saat tertimpa cobaan atau musibah.

Dikutip dari situs Kumparan.com, di dalam buku Ilmu Jiwa dalam 'Tasawwuf Studi Komparatif dengan Ilmu Jiwa Kontemporer' tulisan Amir An-Najjar (2001), bahwa bersyukur pada sejatinya dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  • Syukur dengan rasa hati: yakni mengetahui bahwa nikmat-nikmat yang ada ini berasal dari Allah SWT.
  • Syukur dengan lisan: yakni mengucapkan ucapan Alhamdulillah dan memuji-Nya.
  • Syukur dengan jasmani: yakni tidak menggunakan setiap anggota badan kita untuk bermaksiat, melainkan untuk ketaatan atau ketaqwaan kepada-Nya. 
  • Termasuk juga mempergunakan yang kita miliki dari apa yang diberikan oleh Allah SWT berupa kenikmatan dunia baik dalam bentuk harta, jabatan, ilmu pengetahuan atau kekuasaan untuk menambah ketaatan kepada-Nya, bukan untuk hal kebatilan.

Nah, itu tadi pengantar sedikit sebelum kita masuk dalam inti pembahasan. Mungkin dari ikhwan dan akhwat ada yang saat ini sedang mencari info tentang tulisan arab kalimat 'alhmadulillah ala kulli hal'. Lantas bagaimanasih bentuk tulisan arab "alhamdulillah ala kulli hal"? Berikut dibawah ini adalah tulisan arab dari kalimat 'alhamdulillah ala kulli hal' yang sudah dilengkapi dengan tulisan latin dan juga artinya.

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Alhamdulillahi 'ala kulli haalin

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan".

Hadits Tentang Ucapan Alhamdulillah Ala kulli Hal

Ucapan alhamdulillah 'ala kulli hal bukan sekedar ucapan biasa. Ucapan ini merupakan ucapan Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang dibenci atau tidak disukai. Di artikel sebelumnya kami telah menulis Doa Rasulullah Saat Melihat Hal yang Disuka dan Dibenci.

Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah, bahwa ada dizikir yang diucapkan Rasulullah saat Beliau melihat sesuatu yang disukai atau melihat sesuatu yang dibenci. Berikut ini bunyi haditsnya:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَال أَهْلِ النَّار

Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang ia senangi maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna'. Dan ketika ia melihat sesuatu yang ia benci maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Yaa rabb, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka.'" (HR. Ibnu Majah)

Makna Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa 'alhamdulillah ala kulli hal' merupakan sebuah ucapan dizkir yang sering diucapakan oleh Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang dibenci atau yang beliau tidak senangi.

Hal ini memberikan pemahaman kepada kita semua bahwa dalam setiap saat, kondisi dan situasi kita ini harus tetap selalu bersyukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu hendaknya mendekatkan dirilah kepada Allah SWT dan bisa mengambil hikmah dari setiap hal yang kita lihat dan sedang kita alami.

Apalagi sikap ini merupakan salah satu bentuk sikap yang sangat mulia dan menjadi ciri derajatnya seorang mukmin yang berbudi luhur. Sebab, hal ini tidak mudah bagi kita semua ketika melihat atau sedang mengalamai situasi yang buruk untuk dapat selalu bersabar dan bersukur. Apalagi kebanyakan dari kita ini malah mudah sekali untuk mengeluh dan lupa pada Allah SWT. Bahkan tak jarang dari kita malah ada yang suka mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas disaat melihat sesuatu yang kita tidak sukai.

Jadi disaat kita mendapat sebuah musibah, maka ketika kita ini mengalami kejadian yang buruk, maka kita harus tetap selalu mengingat Allah SWT. Kalau perlu kita harus senantiasa memuji Allah SWT dalam setiap kondisi dan keadaan yang sedang terjadi. Sebab hal tersebutlah yang akan memberikan sumber kekuatan dan rasa ketenangan pada diri kita. Sehingga dalam ini pada setiap kondisi apapun yang sedang kita hadapi akan senantiasa bersikap dan senantiasa berfikir positif. Dan insyallah, bahwa segala urusan di kemudian hari akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Manfaat Berdzikir dan Memuji Allah SWT

Dzikir merupakan salah satu bentuk perbuatan ibadah yang paling mudah untuk dilakukan. Karena orang yang sedang berdzikir dan mengingat Allah SWT akan mendapatkan ganjaran pahala.

Jadi untuk melaksanakan dzikir ini, kita juga tidak memerlukan tenaga ekstra ataupun materi yang berat. Karena dalam berdzikir hanya bermodalkan niat dan hati serta pikiran yang khusyu, dan juga lisan kita yang membacakan kalimat-kalimat dzikir tersebut, silahkan saja ucapkan kalimat zdikir yang mudah sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Pada dasarnya zdikir juga tidak memerlukan waktu atau tempat yang khusus, karena kapan pun dan dimana pun kalian bisa berdzikir kepada Allah SWT. Bahkan dengan berdzikir kita akan bisa mendapatkan pahala yang banyak.

Adapun untuk manfaat dzikir yang bisa kita dapatkan ini secara sederhana diantaranya sebagai berikut:

  1. Memiliki pikiran yang lebih kuat dan ingatan yang semakin tajam.
  2. Menjadikan kita dekat kepada Allah.
  3. dapat meningkatkan kualitas keimanan kita dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
  4. Menjadikankan hati dan pikiran menjadi tenang, sehingga kita akan terbebas dari rasa stress dan sebuah kegelisahan.
  5. Bisa mendapat pahala yang banyak, karena dzikir merupakan salah satu bentuk ibadah.

Perlu di ingat, bahwa di saat kita berdzikir maka niat yang kita tekankan adalah berharap semata-mata karena mengharap Ridha Allah Ta'ala. Artinya, dalam berzdikir apa yang kita lakukan adalah lillah dan ikhlas karena Allah Ta'ala saja.

Akhir Kata

Nah, demikianlah ulasan perihal artikel tentang Dzikir alhamdulillah ala kulli hal lengkap denan tulisan arab dan artinya. Semoga dengan adanya artikel yang kami sajikan ini bisa memberi wawasan, manfaat dan memudahkan kita semua dalam meningkatkan kualitas keimanan dan juga ketakwaan kepada Allah SWT, Aamiin ya rabbal Aalamiin.

Sumber: Santripedia.com & Kumparan.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel