Doa Sebelum Masuk Masjid Lengkap Dengan Penjelasannya

Doa Sebelum Masuk Masjid Lengkap Dengan Penjelasannya - Kita perlu mempelajari bacaan Sebelum Masuk Masjid dan artinya sesuai sunnah. Anda semua tentu sudah tidak asing lagi dengan nama masjid. Tempat yang sangat mulia. Di sinilah setiap Muslim melakukan ibadah yang sangat besar. 

Kita tahu bahwa rukun Islam yang kedua adalah menegakkan shalat wajib lima waktu. Setelah yang pertama membaca dua kalimat syahadat, yang kedua adalah berdoa. Kedudukan shalat dalam kehidupan ini sangatlah penting.

Doa Sebelum Masuk Masjid

Doa Sebelum Masuk Masjid

Sholat wajib ini diperintahkan untuk dikerjakan berjamaah. Khususnya bagi pria muslim. Orang yang mengerjakan shalat wajib lima waktu secara berjamaah akan mendapatkan pahala dua kali lipat dibandingkan jika ia mengerjakannya sendiri. 

Melakukan shalat sendirian disebut juga munfarid. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari disebutkan bahwa shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat. 

Sholat Berjamaah di Masjid

Perbandingan shalat berjamaah dengan shalat munfarid, yaitu pahalanya 27:1. Pahala bagi orang yang shalat berjamaah jauh lebih besar daripada shalat sendirian. Ada hubungan yang sangat erat antara shalat lima waktu dan masjid. Untuk melaksanakan shalat wajib 5 waktu berjamaah kita membutuhkan tempat. 

Nah, tempat yang diperintahkan untuk digunakan shalat di masjid. Jadi, dalam sehari semalam atau dua puluh empat jam, kita ke masjid minimal lima kali. Hal ini sesuai dengan banyaknya kewajiban shalat yang harus kita lakukan setiap hari, yaitu: subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Tidak hanya untuk mendapatkan keutamaan shalat berjamaah saat kita ke masjid. Bahkan bisa lebih dari itu. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya: “Karena jika dia berwudhu maka selesailah wudhunya. Kemudian keluarlah ke masjid hanya untuk shalat. Maka dia tidak melangkah kecuali dengan satu langkah itu derajatnya dinaikkan. 

Dan dengan itu langkah salah satu kesalahannya terhapus. Jika dia berdoa, para Malaikat selalu mendoakannya selama dia berada di tempat sholatnya: Ya Allah, selamatkan dia. Ya Allah, kasihanilah dia. Salah satu dari kalian selalu dalam doa selama dia menunggu doa.

Dalam hadits di atas, seseorang akan diangkat derajatnya dan akan dihapus aibnya untuk setiap kaki yang diinjakkan ke dalam masjid. Selain itu, orang tersebut akan menerima doa dari malaikat. Ini adalah prioritas yang luar biasa. Alangkah ruginya jika seorang laki-laki muslim yang tidak mau ke masjid. Mereka kalah karena tidak mendapatkan prioritas yang sangat besar. 

Orang yang sehari-hari akrab dengan masjid, selalu masuk dan keluar masjid berkali-kali dengan tujuan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala maka mereka disebut orang beriman. Aktivitas seseorang yang memakmurkan masjid dengan salah satu contohnya adalah orang yang sering beribadah di masjid merupakan ciri orang yang beriman. 

Amalan nyata bahwa orang-orang ini benar-benar beriman kepada Allah SWT. Jika kita ingin mendapatkan keutamaan tersebut, mulai sekarang kita harus rajin beribadah di masjid. Memang, ibadah yang sering dilakukan di masjid adalah shalat lima waktu. 

Namun, ada berbagai macam ibadah lain yang biasa dilakukan di masjid. Misalnya, shalat sunnah tarawih di bulan Ramadhan, pengajian, kegiatan TPQ (taman pendidikan al-Qur'an), tadarus Al-Qur'an dan itikaf di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Bagaimana Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Bahasa Latin Dan Artinya?

Ketika kita ingin memasuki masjid, kita harus memastikannya bersih dan suci. Kami memeriksa pakaian dan tubuh kami untuk memastikan mereka benar-benar bersih. Tidak ada kotoran yang menempel baik di badan maupun pakaian. 

Selain itu, yang dimaksud dengan suci adalah kita telah berwudhu. Apalagi jika kita ingin sholat di masjid. Ini termasuk etika yang tidak boleh ditinggalkan. Sangat mudah untuk melakukannya jika kita sudah tahu pengucapannya.

Sangat penting bagi kita untuk mempelajari bacaan doa ini. Sehubungan dengan itu, kita akan bisa mengamalkannya karena dalam sehari masuk masjid minimal lima kali sesuai dengan jumlah shalat wajib. Mengenai lafadz shalat ketika masuk masjid, yaitu:

Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Bahasa Latin Dan Artinya

Latin: Allahummaf tahlii abwaaba rahmatik.

Berarti: "Ya Allah, bukakan untukku pintu rahmat-Mu".

Doa yang sangat singkat. Sangat mudah bagi kita semua untuk menghafalnya. Lafadz shalat bersumber dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh umat Islam. Setelah kita mengetahui bacaan sholat latin lengkap masjid beserta artinya, tinggal kita pelajari lebih mendalam. Dalam arti menghafal dan mengetahui maknanya. Ketika kita mengetahui arti atau maknanya maka kita akan lebih khusyuk saat membacanya nanti.

Doa Masuk Masjid Lebih Panjang

Selain doa-doa singkat, telah kita bahas di atas. Ada juga doa masuk masjid yang lebih panjang atau agak lebih panjang. Untuk pengucapannya, silakan simak berikut ini:

Bagaimana Doa Masuk Masjid yang Lebih Panjang?

Latin:

Bismillaah wassalaamu 'ala rasuulillah. Allaahummaghfir lii dzunuubii waftahlii abwaaba rahmatik”. Membaca doa ini juga termasuk ibadah yang tentunya akan mendapat pahala. Maka akan lebih baik jika kita membiasakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membaca doa masuk masjid ketika memasukinya. Untuk membacanya tentu saja saat masuk ke dalam masjid. 

Maka pergi ke masjid untuk menunaikan shalat wajib berjamaah lima kali sehari sangat ditekankan bagi kaum pria. Sampai disini dulu, semoga memberikan pencerahan dan manfaat bagi pembaca sekalian yang berbahagia. Hidup kita akan sukses jika kita selalu menjalankan ibadah yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Semoga kita selalu dimudahkan dalam segala hal.

Adab masuk Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah dan juga tempat suci yang digunakan oleh umat Islam muslim untuk melakukan ibadah. Karena tujuan beribadah tentunya akan santun dan tidak sembarangan. Hal ini dikarenakan kondisi masjid saat beribadah terasa lebih tentram dan nyaman.

Alangkah baiknya jika kita ingin pergi menunaikan salah satu ibadah. Maka wajib mengetahui terlebih dahulu tata cara atau tata krama memasuki masjid. Ada beberapa tata cara masuk masjid yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, berikut ini:

• Dalam keadaan wudhu

Ketika hendak sholat sebaiknya berwudhu terlebih dahulu agar ketika hendak masuk masjid dalam keadaan bersih dan bersih tidak najis.

• Niat karena Allah SWT

Jika Anda ingin pergi ke masjid dan berdoa. Lakukan dengan niat yang tulus untuk mengharapkan keridhaan Allah SWT.

• Tenang Tidak Terburu-buru

Berdasarkan hadits jika mendengarkan adzan dan iqomah. Jadi sangat disarankan untuk berjalan menuju masjid dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru. Jika Anda tertinggal, buatlah itu sempurna. Sebagaimana disebutkan dalam hadits HR. Bukhari dan HR. Muslim menjelaskan bahwa:

Ketika mendengar Iqomah, jangan cepat-cepat datang ke masjid, datanglah dalam keadaan tenang. Apa yang Anda dapatkan adalah doa dan apa yang tersisa adalah sempurna. Sebenarnya niatnya adalah untuk sholat, kemudian dia dalam keadaan sholat.

• Menempatkan Kaki Kanan

Seperti yang Anda ketahui, apa pun yang Anda lakukan, selalu gunakan kaki kanan Anda. Begitu juga jika ingin masuk masjid, gunakan kaki kanan terlebih dahulu. Seperti dalam pernyataan hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik ra berkata: 

Rasulullah SAW mengajarkan, ketika hendak masuk masjid sebaiknya menggunakan kaki kanan terlebih dahulu, dan ketika keluar gunakan kaki kiri (HR. Hakim). Demikian artikel tentang doa sebelum masuk masjid lengkap dengan penjelasannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel