Doa Berbuka Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Lafadz Arab dan Artinya

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Lafadz Arab dan Artinya - Doa Buka Puasa dan bacaan niat puasa ramadhan. Tidak sebatas menahan makan dan minum, shalat buka puasa dan niat puasa adalah syarat yang harus dilakukan saat berpuasa. Apalagi puasa Ramadhan, agar pahalanya sempurna untuk kembali ke Fitri.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan mengharuskan umat Islam berpuasa selama sebulan penuh. Namun tidak hanya untuk menahan lapar dan dahaga, puasa di bulan Ramadhan juga mengajarkan umat Islam untuk peduli kepada orang yang kurang beruntung. Oleh karena itu, membaca doa berbuka puasa juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat berbuka puasa yang diberikan.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Adapun wahyu yang mewajibkan turunnya puasa Ramadhan pada tanggal 10 Sya'ban tahun kedua Hijriyah. Puasa Ramadhan dilaksanakan selama 29 atau 30 hari tergantung pengamatan hilal. Puasa di bulan Ramadhan juga termasuk dalam rukun Islam. Oleh karena itu, shalat buka puasa dan membaca niat puasa Ramadhan harus dilakukan, sebagai berikut.

Lafadz Doa Berbuka Puasa 

Waktu berbuka puasa tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang menjalankan ibadah puasa. Namun sesaat sebelum berbuka puasa, shalat buka puasa wajib dilakukan agar puasa menjadi sah. Bacaan doa buka puasa yang wajib dibaca adalah sebagai berikut.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada syarat wajib yang harus dipenuhi. Tujuannya agar puasa Ramadhan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, sehingga sah dan mendapat pahala yang diharapkan. Berikut ini adalah syarat-syarat puasa di bulan Ramadhan.

  • Memiliki keyakinan Islam atau beragama Islam
  • Telah melewati masa puber atau telah mencapai usia dewasa
  • Memiliki akal
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bukan seorang musafir atau sedang dalam perjalanan jauh
  • Murni dari haid dan nifas
  • Mampu atau kuat menjalankan puasa Ramadhan

Meskipun salah satu syaratnya adalah Anda harus cukup umur, puasa di bulan Ramadhan untuk anak-anak diperbolehkan. Pengenalan puasa ramadan sejak dini dapat menjadi pelajaran bagi anak-anak, terutama untuk mengajarkan amalan-amalan yang ada dalam puasa ramadan. Jadi, selamat berpuasa dan jangan lupa membaca doa berbuka puasa.  Demikian penjelasan dari saya tentang Doa Berbuka Puasa semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel