Doa Sapu Jagat Lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya

Doa Sapu Jagat Lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya - Doa adalah senjata bagi umat Islam. Ini adalah bentuk ketidakberdayaan seorang muslim yang selalu membutuhkan pertolongan Allah swt. Rasulullah bahkan dalam hadits-haditsnya banyak mengajarkan berbagai macam doa. Salah satu doa Nabi yang paling banyak dibaca adalah Doa Sapu Jagat.

Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat

Doa yang dibacakan oleh Nabi itu juga terdapat dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 201. Ini juga menunjukkan bahwa kita diminta untuk tidak hanya meminta kebaikan di dunia, tetapi juga meminta kebaikan di akhirat.

Sebagaimana disebutkan dalam Hadis berikut ini :

عَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رواه البخاري ومسلم.

Dari Anas r.a., ia berkata, “Doa yang paling banyak dipanjatkan Nabi saw. adalah allahumma rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wafil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar (Ya Allah, Ya Tuhan kami berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan hindarkan lah kami dari siksa api neraka.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Meskipun kebaikan di dunia dan di akhirat dalam doa bersifat umum; artinya dapat mencakup berbagai kebaikan yang sangat luas, namun banyak ulama telah memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Imam Al-Hasan mengatakan bahwa tujuan kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah, sedangkan tujuan kebaikan di akhirat adalah surga. Sedangkan Imam Qatadah mengatakan bahwa kebaikan di dunia adalah kesehatan jiwa, sedangkan Imam As-Suddi mengatakan kekayaan, dan di akhirat adalah surga.

Adapun Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab At-Tafsir Al-Munir mengartikan bahwa kebaikan di dunia meliputi; kesehatan, keamanan, kecukupan, anak sholeh, istri sholeh, dan pertolongan terhadap musuh. Sedangkan kebaikan di akhirat meliputi kemenangan atas pahala yang diperoleh dan bebas dari hukuman. Namun, beliau juga mengatakan bahwa secara umum doa itu mencakup segala hal yang bisa diminta di dunia dan di akhirat.

Dalam riwayat imam muslim lainnya disebutkan bahwa sahabat Anas bin Malik r.a. yang meriwayatkan hadits sering mengucapkan doa. Dan ketika dia ingin membaca doa yang lain, dia selalu menyertakan doa itu.

Selain itu, dalam sejarah para imam muslim juga terdapat cerita menarik di balik doa tersebut. Dari Anas bahwa Rasulullah. Kemudian Rasulullah saw. bertanya kepadanya, “Apakah kamu pernah berdoa atau meminta sesuatu kepada Allah? Sahabat itu menjawab, "Ya, saya pernah berdoa, "Ya Allah, Tuhanku, apa yang akan Engkau siksa padaku di akhirat, maka itu akan sama buruknya dengan hukuman di dunia!"

Nah, itulah ulasan tentang Doa Sapu Jagat, semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel