Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Lengkap Dengan Lafadz Arab dan Artinya

Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Lengkap Dengan Lafadz Arab dan Artinya - Dalam Islam, ada etika atau adab bagi setiap Muslim dalam hal makan. Adab adalah etika yang didasarkan pada teks-teks agama Islam, baik dari Al-Qur'an, hadits, maupun kebiasaan para ulama salaf. Membaca doa adalah amalan yang sangat penting dalam Islam. Berikut Doa Sebelum Makan dan sesudah makan:

Doa Sebelum Makan 

Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan

Sebelum itu ada baiknya kita membaca basmalah terlebih dahulu. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits, setiap urusan penting tidak dimulai dengan basmalah, kemudian terputus berkahnya.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dengan rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa api neraka

Imam Nawawi mengutip sebuah hadits dari kitab Ibnu as-Suniy. Unsur berkah atau berkah merupakan aspek terpenting dalam perspektif umat Islam. Jika berkah ada pada makanan, insya Allah makanan tersebut menjadi energi yang membuat kita semakin semangat untuk beribadah, beramal dan mengamalkan ajaran Islam.

Doa Setelah Makan 

Setelah kita makan, kita juga harus berdoa setelah makan. Agar apa yang kita makan lebih berkah dan tidak membuat kita melalaikan Sang Pemberi Rezeki yaitu Allah SWT. Selain itu, doa setelah makan adalah bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada-Nya atas karunia yang tak terhitung jumlahnya. Berikut ini adalah doa setelah makan dalam bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Setelah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, dan menjadikan kami orang Islam.”

Hikmah Doa Makan

Berikut beberapa hikmah atau manfaat ketika kita mengamalkan doa sebelum dan sesudah makan:

1. Melaksanakan perintah Nabi

Sebagaimana hadits Nabi sebelumnya, bahwa shalat adalah senjata bagi orang yang beriman. Doa sebagai senjata kita melawan kelemahan manusia itu sendiri. Agar kita bisa menjalani hidup ini sesuai dengan keridhoan-Nya.

2. Menunjukkan kelemahan kita

Intinya berdoa berarti menunjukkan bahwa kita adalah hamba, makhluk yang sangat membutuhkan pertolongan Tuhan. Jika kita tidak berdoa, seolah-olah kita adalah makhluk yang sombong. Tidak butuh Tuhan. Berikut etika makan:

  • Makan makanan halal
  • Membaca basmalah dan berdoa sebelum makan
  • Menggunakan tangan kanan
  • Tidak mencela makanan 
  • Berdoa setelah makan

Baca Juga: Doa Sebelum Tidur dan Setelah Tidur

Hal ini merupakan dari syukur kita kepada Allah agar bentuk dari-Nya tidak membuat lalai untuk taat. Jadi cukup cukup ulasan tentang doa sebelum dan sebelum makan. Semoga bermanfaat untuk kehidupan kita semua. Demikian penjelasan tentang Doa Sebelum Makan dan sesudah makan, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel