Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Lafadz Arabnya

Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Lafadz Arabnya - Doa Sesudah Adzan. Adzan adalah kata seru dalam Islam yang umumnya menggunakan bahasa Arab untuk menginformasikan bahwa akan masuk waktu sholat, khususnya sholat fardlu. Sebelum shalat, umat Islam disunat untuk melakukan atau mengumandangkan adzan. 

Doa Sesudah Adzan

Doa Sesudah Adzan

Adzan pertama dikumandangkan oleh Bilal Bin Rabbah, salah satu sahabat Nabi. Namun, tidak semua sholat menggunakan adzan seperti adzan dan Iqamah. Sholat sunnah tidak bersifat sunnah dengan menggunakan adzan dan iqamah sebagai pengingat waktu sholat, kecuali sholat sunnah berjamaah seperti tarawih, sholat ied dan lain-lain. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang doa setelah adzan:

Adzan dan iqamah memiliki hukum sunnah Mu'akkad untuk sholat fardhu, baik untuk sholat fardhu yang dilakukan berjamaah (bersama) maupun yang dilakukan sendiri (munfarid). Adzan dan iqamah juga sunnah untuk menggunakan suara yang keras, kecuali jika Anda akan melakukan sholat fardhu di masjid, di mana jamaah lain sedang atau telah melakukan sholat.

Saat akan melakukan adzan atau iqmah, Anda harus dalam keadaan suci dan telah melakukan wudhu. Selain itu, pelaksanaan adzan dan iqamah dilakukan dengan menghadap kiblat dan diperkuat dengan nada yang baik. Jika adzan umumnya sunnah untuk sholat fardhu, berbeda dengan sholat sunnah yang tidak sunnah menggunakan adzan ini.

Ajakan atau seruan salat sunnah cukup menggunakan kalimat seru الصَّلَا ةُ الجَمِ عَه atau dalam bahasa latinnya adalah “Ash Shalaatul Jami’ah” yang artinya mari kita bergotong royong untuk sholat berjamaah. Panggilan ini ditujukan ketika Anda akan memulai sholat sunnah berjamaah baik di masjid maupun di tempat lain.

Ada juga sholat sunnah terawih yang menggunakan seruan berikut, الصَّلَا ةُ التَّرَ اوِيْحِ رَحِمَكُمُ اللهُ atau dalam bahasa latinnya adalah “ash salaatut taraawiihi rahimakumullaahu” yang artinya “lakukanlah sholat terawih semoga Allah melimpahkan rahmat kepada kalian semua”. 

Sholat Setelah Adzan

Berilah Nabi Muhammad wasilah (perantara), dan fadilah (kebajikan), dan kemuliaan dan derajat, orang yang terpuji yang telah kamu janjikan akan mengenalnya sebagai syafaatku di hari kiamat.” (HR.Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'i Ibn Majah)

Setelah mendengar adzan yang dikumandangkan oleh muadzin, baik bagi anda yang mendengar adzan maupun muadzin yang mengumandangkan adzan, sunnah membaca doa setelah adzan, lafadznya sebagai berikut :

Lafadz Doa Setelah Adzan

اللّهُمّ ربّ هذِهِ الدّ عْوةِ التّامّةِ والصّلاةِ القْائِمةِ اتِ سيِّدِنامُحمّدااِلوسِيْلة والْفضِيْلة والشّرف والدّ رجت الْعاِلية الرّفِيْعة وا بْعثْهُ اْلمقام اْلمحْمُوْد اِلّذِ ى وعدْنهُ اِنّك لا تُخْلِفُ اْلمِيعْا

Selain hadits dan saran di atas, berikut juga hadits yang mendukung keutamaan ketika membaca doa setelah adzan. Dari Abu Dawud dan Ahmad, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Katakanlah sebagaimana muadzin berkata. Kemudian ketika azan selesai, berdoalah, itu akan dikabulkan (diterima).” (HR.Abu Dawud dan Ahmad)

Membaca doa setelah adzan tidak boleh sembarangan dan sunnah menggunakan bahasa arab. Demikian penjelasan dari saya tentang  Doa Sesudah Adzan semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel