Doa Sesudah Melakukan Wudhu Lengkap dengan Lafadz Arab dan Latin

Doa Sesudah / selesai Melakukan Wudhu Lengkap dengan Lafadz Arab dan Latin - Wudhu merupakan syarat sahnya shalat yang harus dipenuhi oleh seorang muslim yang akan melaksanakan shalat agar sah. Tanpa wudhu, shalat akan sia-sia dan tidak diterima karena wudhu merupakan penghapus hadas kecil yang dapat membatalkan shalat. Dalam melakukan wudhu, seseorang harus membaca doa-doa, termasuk doa setelah wudhu yang sunnah untuk dibaca.

Doa Sesudah Berwudhu

Doa Sesudah Berwudhu


Selain shalat, wudhu juga memiliki peran penting dalam ibadah lainnya. Hukum wudhu juga berbeda-beda tergantung ibadah apa yang akan dilakukan. Karena memiliki peranan penting dalam hal ibadah, maka dapat dikatakan bahwa wudhu merupakan “pintu masuk” untuk beribadah sehingga sangat bernilai, seperti halnya membaca doa setelah sholat wajib.

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya :

“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci. , dan jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Sunnah-Sunnah dalam Wudhu

Selain enam fardhu dalam wudhu, ada sunnah yang bisa dilakukan dalam wudhu.

1. Membaca Basmalah

Membaca basmalah merupakan sunnah dalam melakukan wudhu di awal wudhu. Kita bisa membacanya secara lengkap dengan "bismillahirrahmanirrahim" atau secara singkat dengan "bismillah". Jika lupa membaca Basmalah di awal, bisa dibaca di tengah wudhu. Namun, jika Anda telah menyelesaikan wudhu tetapi belum membacanya, Anda boleh meninggalkannya.

Setelah basmalah selesai, Anda bisa membaca doa sebelum wudhu.

2. Membasuh kedua telapak tangan

Sebelum berkumur, seseorang harus melakukan sunnah wudhu berupa membasuh telapak tangan hingga pergelangan tangan. Volume air yang digunakan untuk berwudhu yaitu usahakan lebih dari dua qullah, maka sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana wajib mencuci kedua tangan tiga kali terlebih dahulu.

Makruh jika langsung memasukkan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu. Makruh ini berlaku ketika seseorang tidak yakin akan kesucian telapak tangannya. Sebaliknya, tidak mengapa memasukkan kedua tangan ke dalam bejana tanpa mencucinya jika dia yakin akan kesucian telapak tangannya.

3. Berkumur

Setelah mencuci telapak tangan, sunnah berkumur tiga kali. Cara berkumur menurut sunnah adalah dengan memasukkan air ke dalam mulut kemudian memindahkannya ke dalam lalu memuntahkannya atau tidak. Demikian ulasan tentang Doa sesudah berwudhu semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel