Doa setelah Sholat Fardhu yang biasa di Amalkan dalam kehidupan Sehari-hari

Doa setelah Sholat Fardhu yang biasa di Amalkan dalam kehidupan Sehari-hari - Sholat adalah kewajiban bagi umat Islam. Ini adalah praktik pertama yang akan dipertanggungjawabkan. Setelah Anda sholat, ada amalan lain yang bisa Anda lakukan yaitu mengucapkan doa dan dzikir seperti sholat 5 waktu setelah sholat fardhu.

Doa setelah Sholat Fardhu

Doa setelah Sholat Fardhu

Sering terjadi pada sebagian umat Islam yang ketika shalat langsung berpindah tempat dari tempat shalat. Seolah ingin melakukan hal lain. Bukannya salah, tapi sangat disayangkan. Alasannya karena ada sunnah yang bisa dilakukan setelah shalat, yaitu membaca doa dan dzikir sebagai upaya meningkatkan pahala dan memperkuat iman dan takwa kepada Allah SWT. 

Shalat fardhu adalah shalat wajib yang dikerjakan 5 kali sehari sebanyak 17 rakaat. Diantaranya:

  • Subuh: 2 Rakaat,
  • Dzuhur : 4 Rakaat,
  • Ashar : 4 Rakaat,
  • Maghrib : 3 Rakaat,
  • Isya : 4 Rakaat.

Anda juga bisa menambahkan sholat sunnah seperti sholat sunnah qabliyah dan ba'diyah dan juga sholat dhuha dan tahajjud namun yang terpenting tetap menjaga 5 sholat diatas.

Beristighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

artinya : Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

Doa Keselamatan

Doa ini dilafadzkan setelah melakukan dzikir istighfar. Berikut adalah bacaannya,

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

artinya : Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.

Dzikir Tauhid

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

artinya : Tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan, dan pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Membaca Sholawat

Bacaan sholawat nabi yang bisa dibaca saat membaca doa yaitu,

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

artinya : Ya Allah, limpahkanlah rakhmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rakhmat yang bisa menyelamatkan kami dari semua ketakutan dan penyakit, yang bisa memenuhi semua kebutuhan kami.

Yang dapat menyucikan kami dari segala kejahatan, yang dapat mengangkat kami ke derajat yang tertinggi bersama-Mu, dan yang dapat membawa kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik selama hidup maupun setelah kematian.

Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Dekat, dan Maha Menerima segala doa dan permohonan. Wahai Dzat Yang Memenuhi Segala Kebutuhan Hamba-Nya. 

Demikian ulasan artikel tentang Doa setelah Sholat Fardhu semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel