Doa Sholat Dhuha lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya

Doa Sholat Dhuha lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya - Sholat Dhuha merupakan salah satu bentuk dari sekian banyak sholat sunnah yang Allah ajarkan kepada hamba-Nya melalui Nabi Muhammad SAW. Sholat dhuha ini seperti sholat sunnah lainnya yang memiliki manfaat luar biasa bagi siapa saja yang ingin melakukannya.

Keberadaan shalat dhuha semakin meningkat, ketika orang mengatakan bahwa dengan shalat dhuha, Allah akan menambah rezeki kepada hamba-Nya. Karena Allah tidak akan dihitung ketika memberikan berkah kepada setiap hamba yang Dia kehendaki.

Doa Sholat Dhuha

Doa Sholat Dhuha

Namun Anda harus ingat bahwa “rizqi saat ini” bukanlah nilai mutlak yang harus didapatkan. Ada hal lain yang harus Anda terapkan dalam hati untuk menjalankan segala perintah-Nya, termasuk shalat dhuha. Nilai tersebut tidak lain adalah niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nah, jika nilai tersebut sudah tertanam di hati. Barulah Anda bisa benar-benar menikmati sholat dhuha ini.

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah kecantikan-Mu, kekuatan ini kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.”

TATA CARA SHOLAT DHUHA

Sebenarnya, keunikan shalat dhuha tidak hanya terletak pada waktu pelaksanaannya. Ada beberapa hal unik yang patut Anda ketahui dari shalat sunnah yang sering disebut sebagai “pemberi rezeki”. Nah, berikut ini beberapa keunikan shalat dhuha dilihat dari tata cara pelaksanaannya. Itu adalah:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah niat

Bunyi niat shalat dhuha adalah sebagai berikut: "Ussolli sunnatatd-dhuha rokataini ilahi ta'ala". Untuk shalat dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Semakin banyak rakaat semakin baik. Namun jangan khawatir, sebagian ulama mengatakan lebih baik mengerjakan beberapa rakaat daripada mengerjakan shalat dhuha dengan rakaat yang banyak, namun jarang dilakukan setiap hari. 

Yang penting konsisten untuk selalu menjalankannya. Lanjutkan membaca doa iftitah, surat fatihah, dilanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam Al Quran. Tetapi lebih baik membaca surat Adz-Dhuha, Al-Lail, Ash-Syamsu, dan Ash-Syarh.

Dilanjutkan dengan rukuk dan membaca tasbih tiga kali, Kemudian i'tidal dan membaca doa, Sujud dan baca tasbih tiga kali, Duduklah di antara dua sujud, dan bacalah bacaannya, Melanjutkan sujud untuk kedua kalinya. 

Setelah itu, lakukan rakaat kedua. Caranya sama dengan rakaat pertama, namun tanpa niat dan shalat iftitah. Kemudian dilanjutkan dengan tasyahud terakhir, Terakhir, dua salam Diikuti dengan dzikir Kemudian ditutup dengan membaca doa dhuha. Demikian penjelasan dari saya tentang doa Sholat Dhuha semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel