Bacaan Istighfar Singkat Dan Panjang Lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya

Bacaan Istighfar Singkat Dan Panjang Lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya - Lafadz dan Pentingnya Sholat Sayyidul Istighfar Untuk Meningkatkan Taubat. Tidak ada manusia yang tidak luput dari dosa kecuali Nabi Muhammad SAW. Manusia sebenarnya adalah makhluk yang mudah jatuh ketika imannya goyah. 

Bacaan Istighfar Singkat

Bacaan Istighfar Singkat

Agar manusia tetap terlindungi dari dosa-dosa yang dilakukannya, salah satu caranya adalah dengan melakukan istighfar. Anda mungkin sudah mengetahui bacaan istighfar secara umum. Berikut ini adalah Bacaan Istighfar yang biasa di baca dan singkat.

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullah hal adzim

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung"


Ada juga bacaan istighfar yang lebih panjang yaitu:


أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم و أتوب إليه

Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

“Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Bacaan Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar dan Terjemahannya Berikut ini doa sayyidul istighfar:

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ 

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta. 

Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,” (HR. Bukhari no. 6306).

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Seperti namanya,  sayyidul istighfar merupakan doa yang melebihi dari doa istighfar lainnya. Jadi dia juga memiliki keutamaan yang juga luar biasa.

Doa istighfar sayyidul salah satu keutamaannya adalah menjadi penghuni surga. Sebagaimana sabda Nabi SAW, Maka orang yang sering membaca doa ini maka ia akan berkesempatan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. 

Hal ini karena doa ini akan membimbing manusia untuk mengingat dosa-dosanya dan selalu meminta pertobatan atas segala dosanya. Anda bisa membiasakan membaca doa ini saat melakukan dzikir pagi dan sore.

Demikian penjelasan Bacaan Istighfar singkat dan panjang semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel