Bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha Lengkap Dengan Lafadz Arab dan Penjelasannya!

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha Lengkap Dengan Lafadz Arab dan Penjelasannya! - Hari Raya adalah hari istimewa, hari istimewa ini berbeda di setiap negara atau daerah. Bagi umat Islam ada dua hari raya, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Ini adalah bacaan takbir untuk Idul Adha.

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha

Biasanya, setelah shalat Ashar atau setelah Maghrib, setiap mushola dan masjid ramai melantunkan takbir diiringi bunyi gendang hingga pagi menjelang shalat Ied.

Untuk bacaan takbiran di hari raya idul adha, kami yakin semuanya sudah hapal lafadz bacaannya yaitu menyebut kalimat “ALLAHU AKBAR” dengan cara yang berulang-ulang dan sesekali biasanya bacaan takbiran atau sholat takbir yang lebih panjang. 

Dan ini sebagian orang masih belum mengetahuinya. Berikut Bacaan Takbir di Hari Raya Arab Artinya: Pada hari raya tersebut disunnahkan membaca takbir, sedangkan lafadz atau bacaannya adalah sebagai berikut:

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ 

Demikian 3 kali berturut-turut, dan ini diulangi sesuai kehendak pelaku. Imam Syafii dan murid-muridnya berkata, jika seseorang ingin menambahkan, ia harus mengatakan sebagai berikut:

Allahu akbaru kabiiran, walhamdu lillaahi katsiiran, wasubhaanallaahi bukratan wa ashilan. Laa ilaaha illallaahu, walaa na'budu illa iyyaahu mukhlishiina lahuddiina meskipun karihal kaafiriina, laa ilaaha illaallaahu wahdahu sadaqa wa'dahu. 

Allah Maha Besar seluas-luasnya, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha Suci Allah di pagi dan sore hari. Tidak ada Tuhan selain Allah, dan kami tidak menyembah selain Dia dengan ketaatan penuh kepada-Nya. Meskipun orang-orang kafir membenci, tidak ada Tuhan selain Allah saja, Dia telah memenuhi janji-Nya, membantu hamba-hamba-Nya. 

Dan kalahkan kelompok sekutu sendirian. Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Dengan tambahan lafadz atau kalimat ini dianggap lebih baik. Tidak ada salahnya mengucapkan takbir yang biasa diucapkan banyak orang, yaitu: Allahu akbaru, Allahu akbaru, Allahu akbaru, laa ilaaha illallaahu wallaahu akbaru Allahu akbaru walillaahil hamdu.

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan hanya bagi Allah segala puji. 

Demikian penjelasan dari saya tentang bacaan takbir hari raya Idul Adha  semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel