Bacaan Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir Lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya

Bacaan Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir Lengkap dengan Lafadz Arab dan Artinya - Pelaksanaan dalam membaca tasyahud awal dan akhir serta bacaan shalat merupakan kewajiban dalam pelaksanaan shalat wajib. Jika tidak dilakukan maka shalat wajib dan sunnah tidak dianggap sah.

Begitu juga dengan pembacaan doa. Jika tidak dibaca dengan khusyuk atau khusyuk, maka ibadah shalat tidak akan setimpal dengan pahalanya dan hanya berupa gerakan yang dilengkapi dengan suara tanpa makna yang terkandung di dalamnya.

Bacaan Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir

Bacaan Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir

Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana lafadz dan bacaan tasyahud awal dan tahiyat akhir lengkap menurut sunnah dalam bahasa arab, tulisan latin, dan terjemahannya. Khususnya bagi anak-anak dan muallaf yang masih belajar setiap bacaan dan doa. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Doa Tahiyat Awal

Doa tahiyat awal dibaca pada waktu setelah sujud kedua pada rakaat kedua dan terakhir. Pada shalat subuh, tahiyat awal hanya dibaca pada rakaat kedua karena merupakan rakaat terakhir sedangkan pada shalat maghrib pembacaan dilakukan pada rakaat kedua dan ketiga (yang merupakan rakaat terakhir).

Dalam membaca doa tahiyat awal, umat Islam yang melakukan sholat harus melakukannya dalam posisi duduk seperti duduk berbuka puasa dengan kedua tangan diletakkan di atas lutut sambil berpegangan tangan.

َلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

                                                      اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ.  أَشْهدُ اَنْ

                                                                    اَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Itu berarti:“Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga terus dicurahkan atasmu, wahai Nabi (Muhammad). Semua hamba Allah yang saleh. 

BacaanTahiyat Akhir

Berbeda dengan tahiyat awal, tahiyat akhir hanya dibaca pada rakaat terakhir, baik rakaat kedua, ketiga, atau keempat tergantung jumlah rakaat yang dilakukan. Pelaksanaannya masih dalam gerakan duduk seperti duduk berbuka puasa, namun ada sedikit perbedaan yang perlu diperhatikan.

Menunjuk jari telunjuk ke depan dilakukan hingga pembacaan tahiyat terakhir selesai. Saat membaca salam, jari telunjuk diturunkan kembali ke keadaan semula. Sholawat tahiyat akhir disebut juga sholawat ibrahimiyah, dan berikut ini adalah bacaan doa tahiyat akhir atau tasyahud akhir yang benar menurut sunnah berdasarkan hadits shahih:

      اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ

                                                                       سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى

آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Demikian penjelasan dari saya tentang bacaan Tasyahud Awal dan tasyahud akhir semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel