7 Cara Kreatif Untuk Mengajarkan Anak Berpuasa di Usia Dini!

Cara Kreatif Untuk Mengajarkan Anak Berpuasa di usia dini - Meski disaat usia anak belum baligh atau masih berusia 6 - 7 tahun tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun anak-anak perlu dilatih untuk membiasakan diri. Cara mengajar anak berpuasa dengan tepat sejak dini!

Cara Kreatif Untuk Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Cara Kreatif Untuk Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Meski anak-anak yang belum sampai di Akil Balik belum diwajibkan berpuasa Ramadan, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini agar lebih siap saat harus berpuasa.

Meskipun antusiasme anak-anak untuk berpuasa cukup tinggi, sangat sulit bagi anak-anak untuk menjalaninya selama sebulan penuh.

Nah, bagi Anda orang tua yang ingin mengajarkan anaknya berpuasa Ramadan, berikut tips dan cara kreatif mengajarkan anak berpuasa.

Cara melatih anak untuk berpuasa

1. Dari puasa setengah hari

Untuk anak kecil, tentu tidak mudah tiba-tiba harus berpuasa sepanjang hari.

Agar anak tidak terkejut, ajarkan mereka untuk berpuasa secara bertahap. Ini bisa dilakukan terlebih dahulu dengan setengah puasa selama setengah hari.

Si kecil bisa belajar berpuasa setelah waktu sahur hingga siang hari. Lakukan ini selama beberapa hari. Ketika anak Anda siap, orang tua secara bertahap dapat memperpanjang durasi puasa.

Untuk memastikan bahwa kecukupan pola makan si kecil tetap terpenuhi, pastikan kita memberikan asupan bergizi seperti makanan kaya protein, vitamin dan susu pertumbuhan anak.

Susu masih dibutuhkan ketika anak belajar berpuasa. Dengan demikian, perkembangan tubuhnya akan tetap berjalan dengan sempurna.

Untuk susu, toppers bisa memberi anak susu pada saat sahur, berbuka puasa dan malam hari.

2. Mulai puasa camilan

Cara mengajarkan anak berpuasa juga bisa dimulai dengan berpuasa makanan atau camilan tertentu yang disukai si kecil.

Misalnya, jika anak Anda menyukai permen, kue, kue, atau makanan seperti nugget ayam dan sosis, ajari anak Anda untuk tidak makan makanan favorit mereka selama bulan puasa.

Perlahan kurangi pilihan makanan hingga si kecil akhirnya terbiasa dan bisa sepenuhnya mencoba puasa.

3. Perlahan-lahan ajarkan anak pentingnya puasa dan tradisi uniknya

Jangan lupa, saat mengajarkan puasa, orang tua juga harus perlahan-lahan mengajarkan tentang manfaat dan makna puasa, kebaikan Ramadhan, dan berbagai hal lainnya sehingga si kecil mengerti mengapa ia perlu berpuasa.

Perkenalkan juga si kecil pada tradisi yang berbeda selama Ramadhan seperti Taraweh, Ngabuburit dan lainnya agar ia lebih tertarik untuk belajar berpuasa.

4. Siapkan makanan favorit Anda untuk berbuka puasa

Sebagai bentuk motivasi dan apresiasi atas keinginan untuk belajar berpuasa, Bunda bisa menyiapkan makanan favorit si kecil saat berbuka puasa.

Jika perlu, libatkan anak dalam pemilihan menu Berbuka Puasa dan juga dalam proses persiapan, agar si kecil termotivasi untuk mengakhiri puasanya di hari itu.

5. Membuat kegiatan Ngabuburit menyenangkan

Salah satu cara anak Anda dapat belajar berpuasa dengan lebih baik adalah mengalihkan perhatian mereka dari makan dan minum saat berpuasa.

Lakukan berbagai kegiatan menyenangkan bersama si kecil, mulai dari bermain game hingga membaca Alquran agar si kecil tidak terlalu memikirkan puasa yang mereka jalani.

6. Jadilah contoh yang baik bagi Anak

Biasanya, anak-anak selalu mengikuti kebiasaan orang tua mereka. Untuk melakukan ini, Anda selaku orang tua harus mampu menjadi panutan yang baik bagi anak.

Selalu menemani si kecil untuk mendukungnya agar ia bisa menyelesaikan puasanya.Hadiah ini bisa berupa mainan, tas sekolah baru, atau apa pun yang diinginkan anak Anda. Tapi itu juga bisa membawa manfaat baginya.

7. Memberikan Hadiah khusus pada Si Anak

Sebagai motivasi, tidak ada salahnya juga untuk memberikan hadiah khusus sebagai umpan pada janji si anak, agar anak lebih semangat belajar berpuasa. Seperti mainan yang mereka idamkan.

Meskipun tidak mudah untuk mengajar anak-anak berpuasa lebih awal, itu sangat penting. Namun, orang tua tetap perlu ingat untuk tidak memaksakan anak, terutama dalam lingkup kemampuannya. Yuk, mulailah memperkenalkan serunya puasa pada mereka di masa kecil!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel